Apa arti Mio dan Bio ? Apakah keduanya merupakan mata uang internasional dari suatu negara? Kedua istilah ini seringkali digunakan dalam penyebutan valuasi Startup belakangan ini.

Bicara soal uang, tentu bukan hal yang asing lagi bukan? Bagaimana tidak, dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali berhadapan dengan yang namanya uang. Mulai dari yang mempunyai nominal kecil, hingga yang mempunyai nominal besar.

Di Indonesia, hampir setiap orang paham bagaimana cara mengekspresikan jumlah uang.  Baik itu yang berjumlah jutaan, miliar hingga triliun rupiah.

Penulisan dan Singkatan Uang di Indonesia

Penulisan jumlah uang juga biasa disingkat untuk mempermudah, namun tetap dengan arti yang sama, misalnya saja sebagai berikut:

  • 1.000.000 dapat disingkat jadi 1 juta atau 1 jt
  • 1.000.000.000 dapat disingkat menjadi 1 Miliar atau 1 M
  • 1.000.000.000 dapat kita singkat menjadi 1 Triliun atau 1 T

Namun, ini kan di Indonesia.

Bagaimana dengan di Negara lain atau Internasional?

Sama dengan di Indonesia, penulisan singkatan jumlah uang juga dikenal secara internasional. Seperti halnya pada singkatan Bio dan Mio yang merupakan suatu singkatan Internasional. Keduanya merupakan istilah singkatan jumlah uang dalam Bahasa Inggris.

  • 1.000.000 disingkat menjadi 1 M atau 1 Milion atau bisa juga 1 Mio
  • 1.000.000.000 disingkat 1 Bilion atau 1 B atau 1 Bio

Bicara soal singkatan, jangan sampai salah juga. Kita harus memperhatikan letak dan bahasa yang digunakan ketika singkatan tersebut dituliskan. Jangan sampai salah mengartikan, karena akibatnya bisa fatal.

Prakteknya seperti ini :

Masih banyak yang mengira 1 M dengan singkatan Internasional adalah singkatan untuk 1 Miliar, padahal itu jelas salah, yang benar seharusnya ialah 1 Million atau yang diterjemahkan menjadi 1 juta.

Million = Juta

Jauh sekali kan selisih antara keduanya?

Bio dan Mio bukan mata uang Negara tertentu

Jadi jelas disini, Bio dan Mio yang dimaksud bukan merupakan mata uang dari suatu negara. Tapi keduanya adalah singkatan untuk menyebutkan jumlah uang dalam Bahasa Inggris.

Kenapa Bio dan Mio Baru Populer belakangan ini ?

Istilah Bio dan Mio sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Namun, saat ini menjadi semakin populer lantaran seringkali digunakan dalam menyebut valuasi perusahaan Startup yang telah bernilai tinggi.

Misalnya Startup dengan status Unicorn yang mempunyai valuasi diatas USD 1 Miliar atau dapat disingkat USD 1 Mio. Atau status Decacorn pada Startup yang mempunyai valuasi diatas USD 10 Miliar atau USD 10 Mio.

Author

Get to know digital marketing since 2010. And now I want to write and get to know more about law and investment

Write A Comment