Istilah Digital Marketing atau Online Marketing, pasti sudah tidak asing lagi terdengar saat ini. Kemajuan teknik pemasaran menuntut kita untuk mengetahui dan mulai belajar tentang hal itu agar dapat survive saat ini.

Banyak hal yang harus dipelajari, namun ada 1 hal yang sering kali terlewat saat kita mulai mempelajari Digital Marketing yaitu Content Marketing.

Dalam suatu siklus pemasaran digital, Content Marketing merupakan suatu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam website perusahaan. Bayangkan saja ketika kita mulai merencanakan suatu pemasaran digital, namun tanpa ada perencanaan yang matang dan strategi yang tepat dalam menulis artikel, apa yang akan terjadi?

Bisa-bisa baru 1 kalimat target audience yang anda tujukan membaca artikel tersebut, mereka langsung close/skip konten anda. Sia-sia bukan? Apalagi anda sudah keluar biaya untuk memasarkan artikel tersebut, baik dengan Google Adwords atau layanan periklanan lainnya.

Content Marketing itu apa?

Content marketing seringkali didefinisikan sebagai sebuah strategi marketing yang mempunyai fokus utama untuk mendistribusikan konten yang mempunyai nilai, relavan serta menarik dengan konsisten guna mendapatkan audience yang tujuan akhirnya ialah menghasilkan suatu keuntungan bagi bisnis atau usaha yang anda jalankan.

Pentingkah Content Marketing dalam Website Perusahaan?

Menurut saya, sangat penting. Content marketing merupakan cara yang paling efektif bagi perusahaan untuk memasarkan barang dan jasanya. Bahkan mengenalkannya pada dunia! Namun, keefektifan ini hanya akan terjadi jika teknik penulisan yang dilakukan tepat.

Saya katakan tepat, jika content marketing itu bisa menjadi suatu konten yang menarik untuk para audience yang menjadi target. Hal ini dapat dilihat dari interaksi yang dilakukan oleh para audience yang telah datang mengunjungi halaman yang berisi konten tersebut. Konversi yang bagus umumnya adalah 3% dimana dari total pengunjung tersebut berinteraksi, mulai dari melakukan Share, Like hingga berkomentar positif terkait konten yang disajikan.

Interaksi audience terhadap content marketing yang baik tentu akan meningkatkan conversion rate yang terjadi, dalam hal ini sales (penjualan) anda baik barang atau jasa.

5 Kelebihan Perusahaan menerapkan Content Marketing

Content marketing saat ini sudah dipercaya dan mulai diaplikasikan dalam berbagai pemasaran digital. Hal ini lantaran Content marketing memiliki banyak kelebihan yang antara lain:

Mampu Membangun Loyalty 

Ketika perusahaan menerapkan strategi Content Marketing yang tepat, tentu akan membuat target audience nya baik yang awalnya hanya merupakan pengunjung, hingga yang telah membeli atau menjadi pelanggannya akan terus mendatangi dan membaca konten-konten yang disajikan dalam website perusahaan. Hal ini tentu akan membangun kedekatan yang nantinya dapat menghasilkan pembelian baru maupun pembelian yang berulang dari para pelanggan lama.

Memperluas Target Audience

Seperti kita ketahui, Digital marketing berbeda dengan Digital konvensional soal interaksi. Pada Digital marketing, komunikasi terjadi secara 2 arah. Bentuk komunikasi 2 arah dapat menghasilkan suatu interaksi yang kemudian mampu untuk memperluas target audience anda.

Pada praktek contohnya seperti ini, Perusahaan anda bergerak dalam bidang makanan sehat organik. Dalam website perusahaan, anda berhasil membuat suatu content marketing yang sangat disukai oleh para audience anda.

Ketika artikel tersebut disukai, tentu akan terjadi interaksi dari audience anda yang misalnya dalam hal ini merupakan orang-orang yang ingin hidup sehat. Para audience yang telah membaca konten anda kemudian melakukan share di media sosialnya yang kemudian dilihat oleh teman-temannya yang merupakan orang yang juga penggemar hidup sehat.

Mereka membaca artikel anda dan menyukainya. Mereka kemudian melakukan Like dan Follow semua media sosial anda. Sampai disini mengerti bukan?

Meningkatkan Konversi Penjualan

Baik itu penjualan barang ataupun jasa yang dilakukan oleh perusahaan anda, Content Marketing tentu akan jadi pilihan yang tepat. Content Marketing mampu membuat target Audience anda yang awalnya masih ragu untuk melakukan pembelian menjadi yakin untuk membelinya. Atau yang tadinya ingin membeli produk kompetitor, tapi kini yakin untuk membeli apa yang anda jual. Bahkan yang tadinya tidak mengenal apa yang anda jual atau produk anda, hingga menjadi yakin untuk membelinya.

Semua itu bisa terjadi, jika Link to action yang anda tempatkan pada Content Marketing anda itu tepat dan mampu mengarahkan para audience anda menuju sales letter yang tepat juga, hingga nantinya menghasilkan suatu konversi penjualan.

Brand Awareness

Semakin bernilai dan bermanfaat konten yang anda buat, tentu akan membuat target audience semakin mempercayai anda! Bayangkan jika konten yang anda buat nantinya menjadi viral, bukan tidak mungkin orang-orang akan menjadikan anda rujukan dari apa yang anda jual.

Bayangkan jika salah satu dari mereka adalah seorang ahli kesehatan atau Dokter terkenal yang kemudian membagikan artikel anda di media sosialnya? Efek berantai ini tidak hanya akan menjadi viral dan membuat produk atau jasa yang anda tawarkan menjadi semakin dikenal, tapi juga mampu membangun kepercayaan baru akan Brand yang anda pasarkan.

Content Marketing harus perhatikan Search Engine Optimisation (SEO)

SEO merupakan suatu yang tidak boleh dilepaskan ketika kita membuat Content Marketing. Struktur yang jelas dan baik menurut kaidah SEO Onpage juga harus diterapkan dalam konten yang dibuat.

Penempatan Keyword utama dan Keyword turunan dalam artikel harus terlihat natural agar tetap menarik untuk para pembaca. Jangan sampai melakukan penempatan keyword yang terlalu memaksakan, yang dapat berdampak konten yang dibuat menjadi tidak lagi menarik.

Bicara tentang Kaidah SEO akan dibahas di artikel berikutnya ya.

Kurang lebih, itulah Content Marketing. Suatu hal yang tidak boleh anda lewatkan jika ingin mempelajari Digital Marketing. Jadi masih berpikir untuk buat konten yang biasa-biasa aja sekarang?

Author

Get to know digital marketing since 2010. And now I want to write and get to know more about law and investment

Write A Comment